SISTIM

Sebelum menentukan sistim mana yang akan digunakan ada lebih baik mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. SISITIM SEWA
    Keuntungan.
    - Pendapatan sudah tetap karena sudah ditentukan permeter perseginya untuk harga
       sewa dan service charge.
    - Hanya mempromosikan lokasi food court dan menu-menu yang tersedia tidak
      perlu melakukan promosi tambahan, tenant yang harus melakukan promo.
    - Pajak Retaurant (PB1) dibuat dan dilaporkan oleh tenant, dan apabila ada
      pemeriksaan dari PEMDA menjadi tanggung jawab tenant.
    - Ijin Usaha Pariwisata dibuat oleh masing-masing tenant.
    - Peralatan makan disediakan oleh tenant masing-masing.
    - Pembersihan peralatan makan dilakukan oleh tenant masing-masing.
    Kerugian.
    - Tidak mendapat peluang untuk mendapatkan pendapatan yang lebih terutama
       saat bulan puasa dan hari Raya lainnya (lokasi berdiri sendiri dan pusat
       perbelanjaan).
    - Tenant tidak aktif melakukan promosi sehingga pembeli yang datang berkurang.
    - Pembayaran pajak restauran sering diabaikan atau bahkan tidak dilaporkan.
    - Ijin Pariwisata tidak dibuat.
    - Peralatan makan sering hilang dan sering terjadi keributan antar tenant karena
      peralatan makan.
    - Kualitas dari peralatan makan sering ditemukan tidak bagus.
    - Saat mengganti peralatan makan yang hilang sering ditemukan kualitas yang
       tidak bagus.
    - Kebersihan peralatan makan saat penyajian sering ditemukan kurang bersih.
    - Sering terjadi tunggakan pembayaran sewa, service charge, listrik, air dan gas.
    - Pengunjug sering mengalami masalah pembayaran karena tidak ada uang dengan
      nominal kecil.

2. SISTIM BAGI HASIL
    Sistim ini ada 3 tipe yaitu :
    A. Menggunakan kartu RFID (Radio Frequency Identification.
         Keuntungan
         - Bisa mendapatkan pendapatan lebih saat bulan puasa dan hari Raya lainnya
           (lokasi berdiri sendiri dan pusat perbelanjaan).
         - Tenant mengikuti program promosi yang sudah direncanakan.
         - Pajak restauran (PB1) pasti dibuat dan dilaporkan ke PEMDA.
         - Ijin Usaha Pariwisata pasti dibuat.
         - Pajak reklame pasti dibuat.
         - Menseragamkan pakaian yang digunakan oleh karyawan tenant.
         - Menseragamkan peralatan makan untuk pengunjung.
         - Kebersihan dan kualitas peralatan makan bisa dipastikan.
         - Memudahkan pengunjung dalam membayar pesanan.
         - Kartu RFID bisa sebagai media promosi.
         - Tagihan pembayaran food court levy, listrik, air dan gas dipotong langsung
            dari pembayaran bagi hasil tiap awal bulan.
         Kerugian
         - Bisa terjadi target penjualan tidak tercapai sehingga pendapatan menurun
           (lokasi berdiri sendiri dan Pusat perbelanjaan).
         - Mengeluarkan biaya tambahan untuk promosi, ijin usaha pariwista,
           peralatan makan, pembersihan peralatan makan dan pengadaan kartu RFID.
         - Mengeluarkan biaya tambahan untuk peralatan dan program yang
           menunjang kartu RFID.
         - Hasil pemeriksaan pajak restaoran (PB1) menjadi tanggung jawab
            pengelola.
          - Pengurusan pajak reklame walaupun biaya menjadi tangungan tenant.
          - Menyiapkan uang dengan nominal kecil untuk pengembalian pembelian
            pengunjung.


     B. Menggunakan kupon dengan nominal uang.
          Keuntungan
           - Bisa mendapatkan pendapatan lebih saat bulan puasa dan hari Raya lainnya
           (lokasi berdiri sendiri dan pusat perbelanjaan).
         - Tenant mengikuti program promosi yang sudah direncanakan.
         - Pajak restauran (PB1) pasti dibuat dan dilaporkan ke PEMDA.
         - Ijin Usaha Pariwisata pasti dibuat.
         - Pajak reklame pasti dibuat.
         - Menseragamkan pakaian yang digunakan oleh karyawan tenant.
         - Menseragamkan peralatan makan untuk pengunjung.
         - Kebersihan dan kualitas peralatan makan bisa dipastikan.
         - Memudahkan pengunjung dalam membayar pesanan.
         - Tagihan pembayaran food court levy, listrik, air dan gas dipotong langsung
            dari pembayaran bagi hasil tiap awal bulan.
         Kerugian
         - Bisa terjadi target penjualan tidak tercapai sehingga pendapatan menurun
           (lokasi berdiri sendiri dan Pusat perbelanjaan).
         - Mengeluarkan biaya tambahan untuk promosi, ijin usaha pariwista,
           peralatan makan, pembersihan peralatan makan.
         - Mengeluarkan biaya tambahan rutin untuk pembuatan kupon.
         - Hasil pemeriksaan pajak restaoran (PB1) menjadi tanggung jawab
            pengelola.
          - Pengurusan pajak reklame walaupun biaya menjadi tangungan tenant.
          - Menyiapkan uang dengan nominal kecil untuk pengembalian pembelian
            pengunjung.
          - Pengunjung sering lengah sehingga kupon hilang dan tidak diganti.


     C. Menggunakan slip order.
          Keuntungan
           - Bisa mendapatkan pendapatan lebih saat bulan puasa dan hari Raya lainnya
           (lokasi berdiri sendiri dan pusat perbelanjaan).
         - Tenant mengikuti program promosi yang sudah direncanakan.
         - Pajak restauran (PB1) pasti dibuat dan dilaporkan ke PEMDA.
         - Ijin Usaha Pariwisata pasti dibuat.
         - Pajak reklame pasti dibuat.
         - Menseragamkan pakaian yang digunakan oleh karyawan tenant.
         - Menseragamkan peralatan makan untuk pengunjung.
         - Kebersihan dan kualitas peralatan makan bisa dipastikan.
         - Tagihan pembayaran food court levy, listrik, air dan gas dipotong langsung
            dari pembayaran bagi hasil tiap awal bulan.
         Kerugian
         - Bisa terjadi target penjualan tidak tercapai sehingga pendapatan menurun
           (lokasi berdiri sendiri dan Pusat perbelanjaan).
         - Mengeluarkan biaya tambahan untuk promosi, ijin usaha pariwista,
           peralatan makan, pembersihan peralatan makan.
         - Mengeluarkan biaya tambahan rutin untuk pembuatan slip order dengan
           dilengkapi nomerator.
         - Melakukan porporasi dan nomerator slip order ke PEMDA.
         - Hasil pemeriksaan pajak restaoran (PB1) menjadi tanggung jawab
            pengelola.
          - Pengurusan pajak reklame walaupun biaya menjadi tangungan tenant.
          - Menyiapkan uang dengan nominal kecil untuk pengembalian pembelian
            pengunjung.

    Dalam sistim bagi hasil akan ada beberapa periode pembayaran hasil penjualan
    ketenant.
    Periode yang beberapa saya pernah lakukan
    Periode 1 minggu
   
    Periode 2 minggu
    
    Seluruh pembayaran ke Tenant dilakukan secara transfer jangan menggunakan uang 
    tunai agar menghindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pastikan memilih sistim yang tepat sesuai lokasi.